INTERNET

0

pengertian bcc pada imail

Minggu, 20 Mei 2012

mail bagi kalangan netter pasti bukanlah hal yang asing. Email juga bisa dibilang sebagai sesuatu yang harus dimiliki karena komunikasi akan dapat berjalan lancar apabila kita memiliki akun email. Entah itu Yahoo (Yahoomail) maupun google (gmail) dan masih banyak lagi penyedia email gratis tanpa bayar.

Pada prinsipnya email berguna untuk kirim mengirim surat melalui internet. Cara pengiriman email ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu :


  • Mengirimkan email kepada satu orang penerima
  • Mengirimkan email untuk beberapa penerima sekaligus
  • Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang penerima sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan/tembusan untuk penerima lain
Untuk cara yang pertama itu sudah menjadi hal yang biasa dan banyak yang orang yang bisa melakukannya. Sedangkan cara kedua dan ketiga, memerlukan beberapa pengaturan ketika kita hendak mengirimkan email.
Ketika kita hendak mengirim email sudah pasti kita disuruh untuk melengkapi isian yang tertera di form email, diantaranya yaitu kepada siapa email itu akan dikirim (kolom To:), Judul email (Subject) dan cc: serta Bcc:.
Kolom To dan kolom Subject pasti anda sudah mengerti cara mengisinya. Tetapi untuk cc dan Bcc, hal ini sering terabaikan. Wajar saja karena kita belum tau apa itu cc: dan Bcc:.
Baiklah pada kesempatan ini akan saya coba jelaskan sedikit tentang apa itu cc dan Bcc: serta kegunaanya.
Cc: adalah kependekan dari Carbon Copy, maksudnya adalah salinan email kepada penerima lain. Agar lebih jelas, saya uraikan dengan ilustrasi seperti ini :

Misalkan Saya mau berkirim email kepada dua penerima yaitu Ali dan Budi, maka Ali adalah penerima utama sedangkan Budi sebagai penerima kedua. Ali mengetahui bahwa Budi juga menerima email dari saya. Demikian pula sebaliknya. Dalam kasus ini fungsi cc: digunakan, caranya dengan menuliskan alamat email Ali ditulis di kolom To: dan alamat email Budi ditulis di kolom cc:. Mungkin sampai di sini anda sudah mulai faham dengan cc. Berikutnya kita lanjutkan pembahasan tentang Bcc:.

Bcc adalah kepandekan dari blind carbon copy. Berbeda dengan cc, Bcc berfungsi untuk mengirim email kepada banyak penerima, tetapi masing-masing penerima tidak mengetahui kepada siapa saja email itu dikirim. Sehingga bagi penerima beranggapan bahwa dialah satu-satunya orang yang menerima email.
Misalnya Saya akan berkirim email kepada Ely dan Nina. Maka Eli saya tulis di kolom To: sedangkan Nina di kolom Bcc:.

Setelah email diterima maka Eli menganggap bahwa dialah satu-satunya orang yang dapat email dari saya. Nina juga sama, menganggap bahwa dialah satu-satunya orang yang dapat email dari saya.
Nah sampai di sini dulu penjelasan tentang cc: dan Bcc:, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan anda tentang email dan mulai berani menggunakan fasilitas cc dan Bcc. "Selama hidup saya yang sudah 87 tahun ini, saya telah menyaksikan serentetan revolusi teknologi. Tetapi tidak satu pun diantaranya yang tidak membutuhkan watak yang baik atau kemamp

0 Responses to "pengertian bcc pada imail"